Wednesday 21 December 2011

rest in peace..my grandma:"(

lusa.. gue kaget.. bangun tidur, udah liat babe gue siap siap pake ransel gede. " nenek meninggal.." dan setelah itu gue bingung mau ngapain. gue cuma diem liatin babe gue cepet cepet masukkin barang ke tas, dibantu ibu gue. pulang ke Lampung. gue nggak liat setitik pun airmata di babe gue. yaa.. beliau emang orang diem yang tegar. babe gue berdo'a moga dapet tiket pesawat ke lampung walau mepet. ibu gue nyusul besok paginya. gue nolak nganter babe ke airport karna gue tau gue mau nangis.


rumah sepi karena embak masi ijin pulang. embak yang satunya lagi belom dateng. di waktu itulah gue nangis sesenggukan. gue masih nggak percaya nenek udah di surga. gue masih inget jelas wajah bule nenek gue yang tenang, slalu dzikir slalu inget kematian.

nenek sempet tinggal di rumah gue 3 bulan. awalnya nenek dateng ama budhe gue dari Lampung. tapi karena ibu gue mohon mohon, akhirnya nenek stay di rumah gue sedangkan budhe gue harus pulang karena punya anak. nenek di rumah gue tinggal lama karena sepupu gue yang di Bali janji mo dateng ke rumah gue. seumur umur, baru satu kali gue ketemu sepupu gue itu. soalny mereka juga jarang kumpul keluarga karena jauh banget (hampir sama kayak gue).tapi ternyata gajadi. akhirnya nenek pulang ke lampung. lo tau alesannya apa? " di sini nek kesepian. orang orang serba kecukupan. di rumah nek, pasti ada yang minta bantuan nenek karena mereka banyak yang nggak mampu." yaah.. nenek gue orang yang sangat rajin berbagi. bahkan gue pernah diceritain kalo ada orang yang kelilit utang sampe akhirnya nyelonong masuk kamar nenek terus buka buka lemari. tapi nenek gue gak marah karena tau dia kepepet. beliau juga nggak suka mengeluh. nenek ada retak tulang di pinggang, jadi kalo sholat berbaring. lo bayagin, padahal udah belasan tahun nenek gue sholat berbaring, tapi nggak sedikitpun ngeluh. beliau selalu on time waktu ibadah dan hampir nggak pernah ketinggalan sholat sunnahnya. nenek orang cerdas karena setua itu (kira kira 80 tahun) masih bisa inget banyak hal. nenek gue keturunan 4 suku.. Lampung pesisir, jawa, banjarmasin, ama bengkulu.. nenek keturunan kraton Yogyakarta, diberi gelar Raden Ajeng. nenek hobi banget baca dan cerita. itu semua yang bikin kita semua sayang banget ama nenek..

gue udah 2 tahun nggak ketemu. terakhir waktu winter holiday 2009. di event nikahan sepupu gue berikutnya gue nggak ikut karena pendaftaran sekolah. and taun kemarin pas event pernikahan sepupu juga, gue ke malaysia buat kompetisi. gue nyesel gue nggak ikutan event itu. dan nyesek gak ketemu nenek lagi.

nenek meninggal habis sholat shubuh. sama persis kayak kakek gue dulu....

tapi gue happy. paling enggak di akhir gue ketemu nenek, gue masih bisa ngasih.. yah menurut gue memory tentang gue buat nenek. waktu itu mother's day. gue ngucapin slamat hari ibu ke nenek karena waktu itu ibu gue nggak ikut. gue seneng gue punya moment itu walaupun just a little.

grandma.. whenever you now, i hope you've better place than this world. Allah bless you. i'm proud of you.. you always gimme a powerful spirit.. amazing experiance..  thank you.. thank you so much. we always love you.. rest in peace, ma..

0 comments:

Post a Comment

 
Catatan Lebay Seorang Dugong Blogger Template by Ipietoon Blogger Template